Wed. Oct 5th, 2022

Rumah yang menggunakan lantai parket bila tidak dilakukan perawatan yang baik, tentu mudah mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan karena lantainya berbahan dari kayu olahan. Meski begitu, anda tidak perlu panik karena tile kayu yang rusak di parketnya bisa diganti tanpa perlu membongkar keseluruhan. Lantai parket biasanya rusak dikarenakan paparan air, gesekan benda tajam, pergerakan tanah, peningkatan suhu plester semen atau adanya kesalahan di dalam pemasangannya. Maka dari itu, untuk memperbaikinya perlu diperhatikan sistem pemasangannya. Apakah menggunakan sistem dengan tipe lidah mulut, klik, atau lem paku.

Pemasangan parket lantai dengan menggunakan tipe lidah mulut dan klik memiliki cir saling mengunci. Sedangkan untuk sistem lem paku pemasangan dilakukan dengan cara memberikan perekat serta mengikatnya dengan paku. Sistem lem paku inilah yang sering digunakan untuk pemasangan parket lantai kayu solid yang juga sering mengalami susut muai. Nah, untuk itulah berikut ini ada 3 cara memperbaiki parket lantai yang rusak dengan sistem lidah mulut serta klik.

1. Melepaskan parket lantai yang rusak

Inilah cara pertama yang dilakukan ketika akan mengganti parket lantai yang rusak. Caranya dengan mengambil bor dan di sekeliling lantai parket yang rusak itu dibor. Kemudian, cungkil dengan alat catut serta palu. Tetapi anda harus pastikan dahulu supaya tidak merusak lantai parket lainnya ketika mencungkilnya.

2. Kerok adhesive yang ada di bawah lantai parket rusak

Cara kedua setelah parket lantai parket terlepas, maka anda menemukan sisa-sisa lem adhesive yang ada di bawahnya. Anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan alat pengerok.

3. Mencari parket lantai yang rusak

Setelah kedua cara di atas anda lakukan, maka anda segera cari pengganti parket lantainya. Supaya lantai anda tetap memiliki kesamaan dengan lantai lainnya, maka anda harus memasang pengganti parket lantai yang sama warnanya. Seringkali para pemilik hunian tidak memiliki simpanan yang didapatkan dari pemasangan parket lantai sebelumnya, sehingga tidak segera diganti. Maka untuk menyiasatinya, bila anda masih menyimpan kemasan parket yang diganti anda bisa membawanya ke toko material supaya anda mendapatkan warna yang sama.

Demikianlah bagaimana cara untuk mengganti parket lantai yang rusak. Semoga artikel ini bermanfaat.