Wed. Oct 5th, 2022

Jangan sepelekan oli mesin mobil Anda. Biasanya, oli sering menjadi faktor kendaraan yang macet dan bahkan sampai kerusakan fatal. Masalahnya, masih banyak orang yang belum tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin.

Padahal, ada beberapa tanda yang sebenarnya sangat jelas dan dapat dijadikan patokan bagi pemilik mobil untuk segera mengganti oli mesin. Berikut ini adalah tanda-tanda yang mesti dipahami.

Tips: Cara Bersihkan Mesin Mobil

Suara Getaran Mesin Tinggi

Waspadalah jika suara getaran mesin meninggi. Hal ini biasanya terasa jelas saat mesin dalam kondisi menyala namun dalam posisi idle. Kalau sampai mengalami tanda ini, segeralah mengecek oli mesin mobil Anda.

Akselerasi Mesin Menurun

Hal ini akan terasa saat Anda menginjak pedal gas. Rasanya seperti berat sekali. Hal itu disebabkan kualitas oli menurun drastis akibat sudah lama tidak diganti. Resikonya juga menimbulkan gesekan antar komponen mesin. Jangan biarkan hal ini terjadi pada kendaraan Anda, segeralah cek oli dan ganti.

Suara Mesin yang Kasar

Oli mesin yang sudah lama tidak digunakan menimbulkan penurunan kualitas performa mesin. Suara mesin biasanya terdengar lebih bising dari biasanya. Umumnya, tanda paling jelas pada saat digeber dengan suara mesin yang sangat berat. Jangan biarkan kondisi ini terlalu lama. Lakukan penggantian oli mesin secepat mungkin.

Lampu Indikator Oli Mesin

Nah, ini adalah tanda yang paling mudah karena sudah tersedia dalam panel dashboard. Namun, penggantian oli setelah ada tanda indikator lampu sebenarnya tidak disarankan. Apalagi jika mobil tersebut cukup sering digunakan. Selain itu, faktor lampu yang kadang kurang akurat juga sering jadi pertimbangan. Namun, setidaknya indikator ini dapat memudahkan Anda memastikan harus segera mengganti oli mesin.

Tips: Kredit Honda Jazz

Jarak Tempuh Kendaraan

Sebenarnya untuk pemakaian standar, Anda dapat mengganti oli mesin setelah 6 bulan. Namun, balik lagi ke urusan pemakaian. Anda pun tidak ingin menempuh resiko dengan membiarkan oli terkuras habis dan menyebabkan kerusakan mesin.

Demikianlah beberapa tanda yang harus Anda cermati jika ingin mengganti oli mesin. Lebih cepat akan sangat baik daripada membiarkan risiko buruk.