Wed. Aug 10th, 2022

Servis secara rutin sangat penting untuk mengetahui kondisi kendaraan secara menyeluruh terlebih komponen tertentu. Hal tersebut juga bisa mengurangi resiko pengisian aki tidak stabil karena dikerjakan oleh tenaga ahli. Kendaraan yang terawat juga bisa menghemat pengeluaran di kemudian hari. 

Tips Merawat Aki

Merawat aki dengan benar tidak hanya mencegah pengisian aki tidak stabil, tetapi juga menjaga umur aki lebih awet.

  1. Gunakan starter dengan benar

Ketika sulit menyalakan kendaraan dengan starter, itu merupakan pertanda aki sudah habis masa pakainya. Jangan memaksakan menggunakan starter dan gunakan engkol yang ada pada motor.

2. Menyalakan motor secara rutin

Nyalakan motor setidaknya selama 15 menit setiap hari meskipun tidak akan menggunakannya. Hal tersebut berguna untuk mencegah komponen kelistrikan mati serta untuk menghindari pengisian aki tidak stabil. 

3.  Perhatikan ketinggian cairan aki

Selalu jaga cairan aki agar tidak melebihi atau kurang dari batas yang tertera. Dalam proses pengisian aki sebaiknya gunakan air suling untuk menjaga kadar keasaman.

4. Cermat dalam menggunakan aksesoris

Aksesoris tambahan terutama yang menggunakan tenaga listrik akan membuat aki lebih mudah rusak. Jika ingin menambahkan aksesoris pastikan tidak melebihi batas sesuai ketentuan.

Memilih Aki Kendaraan

Menggunakan aki yang tepat merupakan salah satu cara untuk menjaga performa aki kendaraan. Berikut ini beberapa tips dalam memilih aki. 

  1. Jenis aki

Ada dua jenis aki, yaitu kering dan basah. Namun ada juga jenis lain seperti aki gel dan hybrid. Pastikan jenis aki sesuai ketentuan pabrik serta cocok untuk menggantikan jenis aki dari pabrik.

2. Kapasitas aki

Cara memilih aki berikutnya adalah memastikan kapasitas aki sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Perhatikan tegangan, ukuran, dan berbagai data dari aki yang biasanya ada di bagian samping.

3. Garansi

Harga, merek, dan garansi merupakan kombinasi lengkap untuk mempertimbangkan pembelian aki. Pilih aki yang memiliki garansi dari produsen dan bukan hanya dari tokonya saja. 

Perawatan dan pemilihan aki yang tepat juga dapat meminimalkan keluhan aki tidak stabil saat pengisian. Sebagai pengguna kendaraan yang cermat di era modern, manfaatkan kecanggihan teknologi untuk mencari berbagai informasi untuk merawat kendaraan.