Thu. Apr 11th, 2024

Underground utility sering dipakai untuk sistem pemasangan jaringan utilitas, seperti listrik, air, gas, telepon, internet, dan lainnya, yang menggunakan kabel atau pipa yang ditanam di bawah tanah. Underground utility memiliki banyak keuntungan, seperti meningkatkan keindahan dan kebersihan lingkungan, menjamin keamanan dan keselamatan warga, menyediakan layanan yang lebih baik dan berkualitas, menghemat biaya dan ruang, serta meningkatkan nilai dan prestise rumah.

Jaringan bawah tanah merupakan solusi yang efektif dan efisien untuk mengatasi masalah jaringan utilitas yang terpasang di atas tanah, seperti kabel listrik yang berantakan, pipa air yang bocor, atau saluran gas yang berbahaya. Banyak perumahan modern yang telah menerapkan underground utility sebagai bagian dari konsep hunian yang sehat, aman, dan terjangkau.

Berikut adalah beberapa contoh penerapan underground utility di perumahan modern, beserta manfaat dan keunggulannya.

1. Asana Residence, Cibubur

Asana Residence adalah perumahan modern yang terletak di Cibubur, Jakarta Timur. Perumahan ini memiliki konsep hunian yang ramah lingkungan, nyaman, dan cerdas. Salah satu ciri khas perumahan ini adalah penerapan underground utility untuk semua jaringan utilitasnya.

Dengan underground utility, perumahan ini dapat memberikan lingkungan yang bersih, rapi, dan asri, tanpa adanya kabel atau pipa yang mengganggu pemandangan. Selain itu, underground utility juga dapat menjamin keamanan dan keselamatan warga, karena tidak ada risiko korsleting, kebocoran, atau kebakaran akibat gangguan jaringan utilitas. Underground utility juga dapat menyediakan layanan yang lebih baik dan berkualitas, seperti aliran listrik yang lancar, aliran air yang bersih, dan koneksi internet yang cepat.

Baca juga: Tertarik untuk Tinggal di Hunian Sistem Cluster? Ini Loh 5 Keuntungannya!

2. Kota Kuala Kencana, Papua

Kota Kuala Kencana adalah kota modern yang dibangun di hutan belantara Papua oleh PT Freeport Indonesia. Kota ini merupakan kota tambang yang memiliki fasilitas dan infrastruktur yang lengkap dan canggih. Salah satu kecanggihan kota ini adalah penerapan underground utility untuk semua jaringan utilitasnya.

Dengan underground utility, kota ini dapat memberikan keseimbangan antara pembangunan dan pelestarian lingkungan, tanpa merusak keindahan dan kekayaan alam Papua. Selain itu, underground utility juga dapat menjamin keamanan dan keselamatan warga, karena tidak ada risiko gangguan jaringan utilitas akibat cuaca atau hambatan lainnya. Underground utility juga dapat menyediakan layanan yang lebih baik dan berkualitas, seperti aliran listrik yang stabil, aliran air yang higienis, dan koneksi internet yang anda.

3. Kota Baru Parahyangan, Bandung

Kota Baru Parahyangan adalah kota mandiri yang terletak di Bandung Barat, Jawa Barat. Kota ini memiliki konsep hunian yang harmonis, berbudaya, dan berwawasan lingkungan. Salah satu keunikan kota ini adalah penerapan underground utility untuk semua jaringan utilitasnya.

Dengan underground utility, kota ini dapat memberikan lingkungan yang indah, bersih, dan sehat, tanpa adanya kabel atau pipa yang mengotori lingkungan. Selain itu, underground utility juga dapat menjamin keamanan dan keselamatan warga, karena tidak ada risiko kerusakan jaringan utilitas akibat bencana alam atau tindakan vandalisme. Underground utility juga dapat menyediakan layanan yang lebih baik dan berkualitas, seperti aliran listrik yang hemat energi, aliran air yang terjaga kualitasnya, dan koneksi internet yang terintegrasi.

4. Kota Deltamas, Cikarang

Kota Deltamas adalah kota industri yang terletak di Cikarang, Jawa Barat. Kota ini memiliki konsep hunian yang modern, dinamis, dan berkelanjutan. Salah satu kelebihan kota ini adalah penerapan underground utility untuk semua jaringan utilitasnya.

Dengan underground utility, kota ini dapat memberikan lingkungan yang rapi, nyaman, dan produktif, tanpa adanya kabel atau pipa yang menghambat aktivitas warga. Selain itu, underground utility juga dapat menjamin keamanan dan keselamatan warga, karena tidak ada risiko gangguan jaringan utilitas akibat perubahan cuaca atau kepadatan lalu lintas. Underground utility juga dapat menyediakan layanan yang lebih baik dan berkualitas, seperti aliran listrik yang terjamin, aliran air yang terkontrol, dan koneksi internet yang cepat.

5. Kota Mandiri Meikarta, Cikarang

Kota Mandiri Meikarta adalah kota terencana yang terletak di Cikarang, Jawa Barat. Kota ini memiliki konsep hunian yang megah, mewah, dan futuristik. Salah satu kemewahan kota ini adalah penerapan underground utility untuk semua jaringan utilitasnya.

Dengan underground utility, kota ini dapat memberikan lingkungan yang elegan, bersih, dan terang, tanpa adanya kabel atau pipa yang merusak estetika kota. Selain itu, underground utility juga dapat menjamin keamanan dan keselamatan warga, karena tidak ada risiko kecelakaan jaringan utilitas akibat faktor manusia atau binatang. Underground utility juga dapat menyediakan layanan yang lebih baik dan berkualitas, seperti aliran listrik yang handal, aliran air yang steril, dan koneksi internet yang stabil.

Demikian artikel tentang contoh penerapan underground utility di perumahan modern. Semoga bermanfaat!